oleh

Taukah Anda Tentang Pondok Yatim Afwaja?

Kabartoday, Bogor –¬† Bangunan yang memiliki luas tanah 4000 an meter ini dibangun dengan struktur dan konsep tata letak yang sangat sederhana, namun tidak melepas keasriannya.

Meski terlihat kuno dan tidak terlalu mewah, bangunan yang berdiri ditengah pemukiman warga dan bernuansa desa ini sarat dengan sejarah yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya.

Yaaa… Inilah Yayasan Pondok Yatim Afwaja yang berada di Desa leuwi karet, Klaapanunggal, Kab Bogor Jawa Barat.

Bisa disebut yayasan ini luput dari publikasi dan sorotan publik, meski sebenarnya ditempat inilah telah mencetak generasi Qur’ani yang Hafidz dan Hafidzah.

H. Jawawi, dialah pendiri yayasan pondok yatim Afwaja. Sosoknya yang memiki kharisma, santun dan semangat tinggi untuk mengubah prilaku yang berkarakter menjadikan minat dan dorongan kuatnya mengubah arus dengan membangun konsep sosial berkemandirian.

BACA JUGA:  Kapolres AKBP Wahyu S Bintoro Pimpin Sertijab Dua PJU Polres Gresik

Siapa Jawawi? Jawawi hanyalah seorang pensiunan karyawan swasta dari salah satu perusahaan listrik, ia mencoba menerapkan komunikasi manusia dengan alam. Dari situlah Jawawi kemudian membangun peradaban baru di Desa Leuwi Karet pada tahun 2014.

Proses pengembangan akidah dan terpaan agama terus dilakukan olehnya. Bahkan anak-anak asuh yang dipeliharanya sebanyak 11 anak setiap hari menghabiskan waktu untuk belajar mengaji, belajar ilmu pasti dan bergembira di pondok itu seakan lepas dari beban hidup.

BACA JUGA:  Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Situbondo Lakukan Sidak

Dengan didasari kecintaannya terhadap anak-anak dan mengambil arahan tuntunan Nabi Muhammad SAW, Jawawi bersama keluarganya terus berupaya agar yayasan yang dibangunnya ini tidak mati arang dalam pengembangan mentalitas, dan pendidikan agama untuk anak didiknya.

Pastinya kita bertanya, siapa yang membiaya Yayasan Pondok Yatim Afwaja tersebut? Dengan lugas Jawawi menjelaskan sumber donasi tidak dari pemerintah maupun pengusaha kaya di wilayah Kabupaten Bogor. Yayasan itu dibiayai oleh dirinya sendiri dan keluarganya.

Jawawi bahkan memberikan pelayanan khusus berupa pembiayaan pendidikan  dari sejumlah anak yatim piatu baik yang datang langsung ataupun anak yatim piatu yang di terlantarkan oleh orang tuanya.

BACA JUGA:  Masyarakat Situbondo Deklarasi Tolak Kerusuhan

Yayasan Pondok Yatim Afwaja ini memiliki tujuan mulia, yakni memprioritaskan mendidik anak-anak dalam ilmu agama, karena menurutnya, pembekalan tentang ilmu agama adalah pondasi utama dalam menata kehidupan.

Selain itu, Yayasan ini juga membuka diri bagi kalangan masyarakat umum dengan pelatihan khusus, seperti Jahit menjahit, berternak. bertani, dan metode pengelasan sebagai modal ketrampilan untuk menghadapi kemajuan jaman.

Untuk itu, Jawawi juga berharap adanya bantuan dan partisipasi Pemerintahan Kabupaten Bogor, para pengusaha dan donatur untuk kelangsungan Yayasan Pondok Piatu Afwaja demi terwujudnya generasi anak didik yang memiliki kemampuan di berbagai bidang.(Eka/Op)

Komentar