oleh

Tiba di Ambon, 106 Penumpang KM Dorolonda Dikarantina Cegah Covid-19

-Daerah-71 views

Kabartoday, AMBON – Pengawasan serta pemeriksaan ketat terus dilakukan tim gabungan saat kapal penumpang milik PT Pelni tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Kegiatan ini dilakukan untuk pencegahan dan antisipasi penyebaran serta memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Maluku khususnya di Kota Ambon.

Tim gabungan yang dipimpin Kapolsek KPYS Ambon AKP Arief Budiharso akan selalu stand by di dermaga menanti turunnya penumpang. Setiap penumpang yang debarkasi di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh serta pemeriksaan identitas kependudukan.

Seperti yang dilakukan saat kedatangan KM Dorolonda di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Rabu (1/4/2020) sekitar pukul 04.15 WIT. Sebelum tiba di Ambon, KM Dorolonda berlayar dari pelabuhan asal Jakarta, Surabaya, Makassar, Bau-bau, Namlea. Semua penumpang yang debarkasi di Ambon harus menjalani pemeriksaan Suhu badan. Hasil pemeriksaan tim medis yang dipimpin dr Meggy Margareta dari Dinas Kesehatan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon tidak ditemukan satu penumpang pun dengan suhu badan di atas 38┬░Celsius.

Usai pemeriksaan suhu badan, para penumpang diarahkan ke meja pemeriksaan identitas kependudukan. Verifikasi identitas dilakukan kepada 481 penumpang yang melapor ke ersonil SatPol PP Pemprov Maluku telah menanti para penumpang. Hasilnya 375 penumpang memiliki KTP Maluku. Mereka diperbolehkan pulang, namun dihimbau agar melakukan karantina atau isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara 106 penumpang lainnya tidak ber-KTP Maluku sehingga mereka dibawa ke Balai Diklat PSDM untuk menjalani karantina selama 14 hari. Karantina ini harus dilakukan sesuai dengan mitigasi bahaya Covid-19.

BACA JUGA:  Lanjutan Rakornas TP PKK Di Jakarta
Petugas pemeriksa sedang memverifikasi identitas kependudukan penumpang KM Dorolonda yang tiba di Ambon Rabu (1/4/2020).

Proses pemeriksaan penumpang berakhir pukul 06.00 WIT. KM Dorolonda kemudian bertolak menuju menuju pelabuhan di Kota Ternate. Kapal membawa 532 penumpang lanjutan, 282 orang penumpang naik serta 95 kru kapal.

Pantauan media ini, bersamaan dengan pelaksanaan pemeriksaan suhu badan telah disampaikan pula maklumat Kapolri kepada para penumpang turun. Maklumat disampaikan Wakapolsek KPYS IPDA Abdul Kadir Kiat terkait dengan Pencegahan Covid-19 Antara lain masyarakat diminta untuk selalu makan makanan bergizi seimbang. Rajin olahraga dan istrahat yang cukup. Cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir. Jaga kebersihan lingkungan. Minum air putih minimal delapan gelas sehari. Tidak boleh merokok. Makan makanan yang di masak sempurna serta jangan makan makanan dari hewan yang berpotensi menularkan Virus.

BACA JUGA:  Tak Siap Kalah Caleg PDIP Meninggal Dunia dan Caleg Nasdem Dilarikan Ke RS

Dalam maklumat itu juga dikatakan jika ada warga yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, B
batuk, pilek, dan sesak nafas agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Warga diminta juga untuk melakukan Social Distance atau mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali sangat diperlukan. Warga diminta juga untuk menghindari keramaian, serta tetap tenang, jangan panik, jangan mudah percaya berita hoax dan ikuti perkembangan informasi Virus Corona dari pemerintah dan Instansi terkait. Warga diminta pula untuk memanjatkan doa saat beraktivitas.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso ungkapkan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan kepada penumpang kapal laut yang debarkasi di Ambon dilakukan sesuai dengan perintah Kapolda Maluku. Bertujuan untuk mencegah penyebaran serta memutus mata rantai Covid-19 masuk Maluku.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Arief Budiharso,SH,SIK

“Sekarang ini kita memeriksa para penumpang KM Dorolonda yang tiba di Ambon. Sesuai hasil pemeriksaan ada 481 penumpang yang melapor. Hasilnya 375 penumpang memiliki KTP Maluku. Kepada mereka ini diminta untuk melakukan karantina atau isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Sementara 106 lainnya ber-KTP non Maluku sehingga mereka harus menjalani proses karantina selama 14 hari di Balai Diklat PSDM Provinsi Maluku. Ini juga sesuai dengan SOP Mitigasi Bahaya Covid-19, ” jelas Budiharso Rabu (1/4/2020) pagi di dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

BACA JUGA:  Warga Desa Lumahpelu Siap Demo Desak Bupati SBB Copot Penjabat Kades

Selaku pemimpin tim gabungan, ia katakan pengawasan dan pemeriksaan para penumpang kapal PT Pelni yang tiba di Ambon akan dilakukan setiap saat selama masa tanggap darurat Covid-19. Kegiatan baru dihentikan jika ada keputusan pemerintah pusat serta pemerintah daerah yang menyatakan selesai masa darurat Covid-19.

Personil yang terlibat dalam tim gabungan ini berasal dari Polsek KPYS Ambon, Dit Lantas Polda Maluku, Dit Intelkam Polda Maluku, Dit Pol Air Polda Maluku, Bid Propam Polda Maluku, Bid Humas Polda Maluku, Sat Brimob Polda Maluku, Dit Sabhara Polda Maluku, Bid Dokes Polda Maluku, Dit Pamobvit Polda Maluku. Sementara personil dari instansi terkait lainnya yaitu Kodim 1504/Ambon, KSOP Kelas 1 Ambon, Sat Pol PP Pemprov Maluku, Tagana Pemprov Maluku, Karantina Kesehatan Pelabuhan Ambon. (Imanuel).

Komentar