oleh

Tiga Koramil Jajaran Kodim 1504/Ambon Gelar Bhakti Sosial Kebersihan

-Daerah-309 views

Kabartoday, AMBON – Tiga Komando Rayon Militer (Koramil) jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon menggelar bhakti sosial kebersihan di wilayah teritorial masing-masing.

Bhakti sosial Peduli Kebersihan Lingkungan ini merupakan bagian dari Karya Bhakti skala besar dalam program Serbuan Teritorial yang digagas Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura.

Komandan Kodim 1504/Ambon Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta menjelaskan bhakti sosial tiga koramil yaitu Koramil 1504-07/Haruku, Koramil 1504-01/Baguala serta Koramil 1504-06/Nusaniwe digelar serentak Jumat pagi (19/7) di wilayah masing-masing.

“Tiga Koramil jajaran kita (Kodim 1504/Ambon-red) bersama sejumlah warga setempat menggelar bhakti sosial Peduli Kebersihan Lingkungan di wilayah masing-masing. Kegiatan bersama ini dilaksanakan tadi pagi,” ujar Fendri kepada media ini di ruang kerjanya Makodim 1504/Ambon di jalan Slamet Riyadi, Ambon.

BACA JUGA:  Enam Pejudi Qiu Qiu Digelandang Satreskrim Polres Banyuwangi

Menurutnya, bhakti kebersihan ini merupakan rangkaian kegiatan Karya Bhakti skala besar program Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura yang dilaksanakan sejak Sabtu (13/7) lalu selama sepekan.

Bhakti sosial peduli kebersihan lingkungan Koramil 1504-07/Haruku di kawasan pantai Dermaga Speedboat Negeri Pelauw Kecamatan Haruku pada Jumat (19/7)

Jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 1999 ini jelaskan kegiatan bhakti kebersihan ini ada yang berlokasi di kawasan pantai dan ada yang mengambil sasaran membersihkan kawasan pasar.

Untuk Koramil 1504-07/Haruku, lokasi bhakti di kawasan Dermaga Speedboat Negeri Pelauw Kecamatan Pulau Haruku. Kegiatan dipimpin langsung Komandan Koramil 1504-07/Haruku Lettu Inf Herman.

Peserta bhakti sosial kebersihan ini hampir 600 personil terdiri dari 16 anggota Koramil, 250 siswa SD, 200 siswa SMP, 50 siswa SMA serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat serta masyarakat negeri Pelauw berjumlah 75 orang.

BACA JUGA:  Kedua Bandar Sabu, DW dan ND Diciduk Polisi

Selama 2,5 jam personil bhakti sosial ini menyisir seluruh bagian kawasan Dermaga Speedboat mencari dan mengumpulkan sampah yang berserakan.

“Seluruh sampah buangan masyarakat yang berada di jajaran pantai Dermaga speedboat Negeri pulauw di bersihkan dan di ambil  serta  diangkut dengan mobil. Selanjutnya sampah-sampah tersebut dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA-red) sampah di Kecamatan Pulau Haruku,” beber Fendri.

Ia katakan, kegiatan ini mendapat sambutan serta antusiasme tinggi masyarakat Negeri Pelauw yang kemudian bersama-sama terlibat dalam aksi kebersihan ini.

Untuk Koramil 1504-01/Baguala, bhakti kebersihan berlokasi di belakang kawasan Gereja Katolik Santo Andreas hingga belakang pasar Desa Rumah Tiga Kecamatan Teluk Ambon. Jumlah pelibatan personil sebanyak 144 orang gabungan TNI dan masyarakat serta anak sekolah.

BACA JUGA:  Jelang Putusan PHPU Pilres, TNI dan Polri Situbondo Siaga
Apel peserta bhakti Peduli Kebersihan Lingkungan Koramil 1504-01/Baguala di kawasan pantai Rumah Tiga sebelum melaksanakan kegiatan

“Di lokasi ini, sampah yang terkumpul sebanyak tiga truk sampah dan dua bak sampah motor roda tiga,” ungkap Fendri.

Aksi kebersihan juga digelar Koramil 1504-06/Nusaniwe di kawasan pantai Pohon Mangga Air Salobar Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Total personil yang terlibat sebanyak 100 orang terdiri dari anggota Koramil,  masyarakat dan anak sekolah.

Salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah mengajak warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Bila lingkungan sekitar kita bersih, tentunya menyehatkan. Begitu sebaliknya, bila lingkungan sekitar kotor, pasti masyarakat akan rentan terserang penyakit,” pungkas Fendri yang sebagian besar penugasannya di satuan Kostrad. (MAL)

Komentar