oleh

Tim APH Gabungan Razia Rutan Kelas IIA Ambon

-Daerah-73 views

Kabartoday, AMBON – Puluhan personil gabungan melakukan razia di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Kamis (8/4/2021) pagi.

Tim gabungan ini terdiri dari Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku, Satres Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Polsek Baguala, serta Koramil 1504-01/Baguala. Penggeledahan dipimpin Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku Andi Nurka dan Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Polisi MZ Muttaqien.

Razia ini dilakukan akibat terungkapnya jaringan pengedar narkoba di Rutan Ambon oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku, Senin (5/4/2021).

BACA JUGA:  Kasus BNI Ambon, Kapolda Maluku Copot Dirreskrimum

Saat itu, BNNP Maluku mengamankan lima orang dalam pengungkapan kasus dengan barang bukti 50 gram sabu. Dari lima orang tersebut, seorang merupakan warga binaan Rutan Ambon dalam kasus penyalahgunaan narkotika. Selain itu, ada juga dua orang ASN Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku. Satu ASN bertugas di Rutan Ambon, dan seorang lagi bertugas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Ambon.

BACA JUGA:  Kapolda Ajak Bank Indonesia Bersama Membangun Maluku
Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku Andi Nurka memberi arahan sebelum proses penggeledahan di Rutan Kelas IIA Ambon, Kamis (8/4/2021).
Personil APH Gabungan melaksanakan apel sebelum kegiatan razia di Rutan Kelas IIA Ambon, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan razia, diawali apel personil di lapangan apel Rutan Ambon. Dalam apel itu, Kakanwil Hukum dan HAM Maluku Andi Nurka mengatakan razia ini merupakan salah satu upaya preventif Kanwil Hukum dan HAM Maluku mencegah masuknya Narkoba ke Rutan Ambon.

“Hari ini kita akan laksanakan penggeledahan. Yang kita lakukan ini adalah upaya preventif. Kita melakukan pencegahan ke dalam hal hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban kita di dalam Rutan,” ujar Andi.

BACA JUGA:  Wakapolda Banten buka acara Keterampilan Purna Tugas Personel Polda Banten TA.2019

Terhadap diamankannya dua ASN Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Maluku oleh BNNP Maluku, Andi sangat menyayangkan perilaku kedua ASN tersebut. Ia pastikan akan memberikan sanksi yang tegas kepada dua anak buahnya itu.

“Jika ada indikasi keterlibatan pegawai kita, terpaksa kita harus tegakan aturan-aturan yang ada. Dari dulu sudah saya tegaskan kalau ada keterlibatan (dalam narkotika) saya akan gorok dia. Saya tegaskan, jangan coba-coba,” tegas Andi.

Kegiatan razia dilakukan mulai pukul 08.30 WIT dan hingga saat ini masih terus berlangsung di dalam Rutan Ambon. (Manuel)

Komentar