oleh

Tim Penggali Sejarah (TPS) Kampung Kramat Grogol Sosialisasi Penulisan Buku

Kabartoday, Jakarta – Tim Penggali Sejarah Kampung Kramat atau yang disingkat TPS Kp. Kramat, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, melakukan sosialisasi sebagai tahapan awal kegiatan penulisan buku sejarah Kp. Kramat yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 15 November 2019 yang bertempat di Aula Yayasan Masjid Jami Al Karomah.

Achmad Sudrajat, Ketua Umum TPS Kp. Kramat dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan Sosialisasi ini adalah sebagai wadah silaturahim dan komunikasi terkait kegiatan yang  dilaksanakannya.

Dalam sosialisasi ini juga ia berharap mendapatkan banyak tambahan informasi, pelaku sejarah sebagai mata sumber, data-data, dan dokumentasi terkait sejarah Kp. Kramat.

BACA JUGA:  Pemuda Mabuk Tramadol Digelandang Petugas Polsek Serang Baru

“Maksud dan tujuanujuan TPS Kampung Kramat adalah membuat buku sebagai literasi sejarah bagi generasi muda dan sebagai ungkapan terimakasih para pendiri atau sesepuh Kampung Kramat. “ungkap Achmad Sudrajat yang akrab dipanggil Anjat.

Ditempat yang sama, Lutfi Nasution, Sekretaris Umum TPS Kampung Kramat menerangkan, wilayah Kp. Kramat terletak di RW 09, pasalnya kampung tersebut banyak memiliki keunikan, selain makam kramat, dihalaman masjid Al Karomah, kampung ini juga menjadi Kota Baru diawal tahun 1950.

BACA JUGA:  Zamhari Yacoep SH. Dipercaya sebagai Ketua Komunitas Pemberantasan Korupsi Pasundan Kab. Bogor

“Dulu, kampung ini memiliki makam kramat tepat dipinggir jalan raya, tapi pada tahun 1974 terdampak penggusuran pelebaran jalan, makam kramat ini dipindahkan ke TPU Tanah Kusir, sementara tanah wakaf masjid Al Karomah dipindahkan kedalam pemukiman penduduk. “kata Lutfi.

Masih menurut Lutfi, pada tahun 1947, kampung ini bernama Kampung Tanjung Kramat, Provinsi Jawa Barat, Kota Jakarta, Kecamatan Penjaringan, Kelurahan Angke Duri.

“Tahun 1950 Kp. Kramat menjadi Kota Baru di DKI Jakarta, karena pemerintah membangun perumahan-perumahan bagi instansinya. “terangnya.

BACA JUGA:  Burhan Saidi Sebut Berkoarnya William Soal Gubernur Anies Sangat Tak Etis Diumbar ke Publik

TPS bermaksud akan melakukan penelusuran dan penggalian sejarah Kp. Kramat yang menjadi bagian terpenting dalam perjalanan sejarah perkembangan DKI Jakarta.

Diketahui dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua RW 09, Ustd. H. Zainudin M. Noer, S.Ag, MM, Tokoh Agama, Ustad Nurudin, S.Ag (Bendahara Umum TPS Kp. Kramat), Ustad Makh’rotib (Ketua Masjid Jami Al Karomah), H. Ali Djaya AR (Tokoh Masyarakat/Pengurus Yayasan Masjid Jami Al Karomah), para Ketua RT, LMK RW 09, Karang Taruna, masyarakat dan remaja dilingkungan RW 09.[]red

Komentar