oleh

Tim Reskrim Polsek Singojuruh Gelandang ‘Mahasiswa’ Pengedar Pil Trex

Kabartoday, BANYUWANGI – Di duga sebagai bandar dan penyuplai pil trex, seorang pemuda berstatus mahasiswa digelandang tim Reskrim Polsek Singojuruh.

Pemuda itu adalah M. Fardin Sauqi (20), warga Dusun Jajang Surat, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagaimana keterangan pihak Kepolisian, penangkapan pemuda ini sebagai pengembangan dari pengungkapan kasus sebelumnya. Saat itu, polisi mengamankan seorang pengedar pil berinisial HR (16), yang merupakan tetangga M. Fardin Sauqi.

Dalam penyidikan, HR mengaku mendapat pasokan pil trex tersebut dari Fardin Sauqi. “Nah, berdasarkan keterangan itu lah kita kembangkan kasus ini,” jelas Kapolsek Singojuruh, AKP Sumono, Senin (12/8/19).

BACA JUGA:  LIRA Berharap Tak Ada Kerusuhan Selama Proses Persidangan Gugatan Pilpres di MK

Perwira dengan tiga balok emas di pundak yang pernah menjabat sebagai Kanit Kecelakaan Satlantas Polres Banyuwangi ini menyatakan, HR membeli 1.000 butir pil trex kepada Fardin Sauqi seharga Rp 1 juta. Namun saat itu baru ditransfer sebesar Rp 500.000,-.

Sedangkan sisanya hendak dibayarkan pada saat penyerahan barang. Ketika prosesi penyerahan barang itulah petugas mengamankan si Fardin Sauqi.

BACA JUGA:  Pengendara Sepeda Motor Tabrak Bus Mitsubishi Mikro Hingga Tewas

Dalam pemeriksaan terungkap, kedua pelaku yang sama sama sudah naik status sebagai tersangka ini sudah beberapa kali melakukan transaksi pil trex tersebut. Modusnya, setiap kali ada pemesanan barang, uang yang ditransfer jumlahnya setengah dari harga yang harus dibayarkan sebagai uang muka.

Selanjutnya, sisa pembayarannya dilakukan pada saat penyerahan barang tersebut. “Kedua tersangka saling mengenal dan sering memesan pil trex,” jelas AKP Sumono.

Tersangka ini diamankan polisi di jalan raya masuk Dusun Krajan, Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh. Saat aparat datang, ia pun pasrah ketika menyergap dan mengamankannya. Terlebih polisi juga berhasil menemukan barang bukti berupa trex. Barang bukti pil trex yang disita sebanyak 950 butir.

BACA JUGA:  Cek Pos Pam Ciujung, Edy Antisipasi Pengamanan Arus Balik Lebaran

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 197 Sub Pasal 196 Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Jika terbukti bersalah, tersangka terancam hukuman penjara lebih dari 5 tahun lamanya. (HS) 

Caption : Barang bukti (BB) pil trex dan sebuah Hand Phone yang berhasil disita polisi dari tangan tersangka

Komentar