oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Warganya, Pemdes Tamansuruh Gelar Pelatihan Kampung KB

Kabartoday, BANYUWANGI – Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, pemerintah desa (Pemdes) Tamansuruh melakukan berbagai inovasi. Salah satu gebrakan desa yang dikenal dengan destinasi wisatanya ini adalah mengadakan pelatihan usaha masyarakat yang biasa di sebut dengan ‘Kampung KB’. Dalam hal ini, Pemdes Tamansuruh bersinergi dengan tim Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana (PPKB). Kegiatan ini digelar di Dusun Andong RT 03 RW 02 Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (18/7/19).

Pelatihan ini bertemakan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), yang didalamnya ada pelatihan produksi minuman herbal Polo Asri dan Jajan Sumping Roro Rosso. Tampak hadir dalam kegiatan ini, Pj. Kades Tamansuruh M. Farid Irawan SH, Tim PPKB dan PLKB Banyuwangi, serta ibu-ibu warga sekitar.

Mengingat Desa Tamansuruh merupakan desa yg banyak pepohonan dan tumbuhan Polo, maka Pemdes Tamansuruh pun berinisiatif mengembangkan inovasinya dengan keberadaan tumbuhkembangnya pohon serta tanaman Polo tersebut.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Komisi B Erni Ariyanti Sitorus Reses Di Desa Tanjung Pasir

Dalam kesempatan itu, Farid, panggilan akrab Pj. Kades Tamansuruh M. Farid Irawan mengatakan, inovasi dengan cara mengadakan pelatihan usaha ini salah satunya untuk meningkatkan tumbuh kembangnya perekonomian masyarakat. Khususnya kaum perempuan dalam rangka dan upaya membantu suaminya menambah penghasilan.

“Ini kegiatan yang bagus untuk menambah ilmu dan usaha njenengan semua,” ujar Farid kepada para kaum hawa tersebut.

BACA JUGA:  Bentrokan Satgas PDIP Dengan Laskar Arafat di Gunung Mungker Bantul

Farid berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut warga Desa Tamansuruh semakin bertambah wawasan usahanya, salah satunya adalah usaha home industri yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat desa Tamansuruh.

“Semoga program-program kita ini dapat terwujud dan dilestarikan ya bu,” lontar Farid kepada ibu-ibu yang hadir.

Sementara dalam kesempatan yang sama Nunung, Tim PPKB juga menyatakan, bahwa pihaknya akan terus dan selalu siap membantu melaksanakan tugasnya dalam rangka memberdayakan perempuan dalam segala aspek. Karena bagi dirinya, perempuan merupakan salah satu ujung tonggak didalam kemajuan daerah itu sendiri.

BACA JUGA:  Kapolda Maluku Terima Kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Buru Selatan Bahas Pembentukan Polres

“Saya selalu siap untuk kepentingan masyarakat, khususnya kaum perempuan,” kata Nunung kepada media ini.

Karena menurut Nunung, semua tujuan yang dilakukannya semata-mata hanya untuk kesejahteraan masyarakat. (HS)

Caption : Pj. Kades Tamansuruh bersama warganya, ibu ibu peserta pelatihan Kampung KB

Komentar