oleh

Tingkatkan Nasionalisme, Kodam XVI/Pattimura Akan Gelar “Serbuan Teritorial”

Kabartoday, AMBON – Untuk memperkuat nasionalisme serta patriotisme masyarakat, Kodam XVI/Pattimura melaksanakan sejumlah kegiatan kewilayahan di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Berbagai kegiatan kewilayahan ini dikemas dalam program “Serbuan Terirorial”. Pekan puncak program ini akan berlangsung di Ambon tanggal 13 hingga 21 Juli mendatang.

Pjs Kapendam XVI/Pattimura Letkol Kav Cecep T Sutandi mengungkapkan sejumlah kegiatan karya bhakti akan dilaksanakan di wilayah teritorial Kodam XVI/Pattimura yang mencakup dua provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara.

“Untuk lebih mempertebal rasa nasionalisme cinta tanah air, Kodam XVI/Pattimura akan melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial lewat program Serbuan Teritorial,” ungkapnya Senin (24/6) di Kantor Pendam XVI/Pattimura, Ambon.

Ia beberkan, program Serbuan Teritorial ini diisi dengan beberapa kegiatan Karya bhakti di antaranya kemah bhakti pemuda dan pramuka, karya bhakti di bidang kesehatan serta bedah atau rehabilitasi rumah warga yang tidak layak huni.

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Seorang Pengedar Nakoba di Jalan Lintas Timur

Alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1997 ini katakan saat ini telah digelar proses awal karya bhakti bidang kesehatan persiapan pelaksanaan operasi katarak.

“Proses awal untuk operasi katarak saat ini sudah dimulai dengan pendaftaran peserta serta proses pemeriksaan kesehatan di RS Tentara Latumenten Ambon. Bila kesehatan dinilai layak maka peserta akan mengikuti proses operasi katarak,” tandasnya.

Antusiasme masyarakat penderita katarak di hari pertama Senin (24/6) mendaftar untuk pemeriksaan kesehatan persiapan operasi katarak di RS Tentara Latumeten

Sutandi yang juga menjabat Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kodam XVI/Pattimura ini katakan, screening kesehatan persiapan operasi katarak dilakukan selama empat hari sejak Senin (24/6) hingga Kamis (27/6).

BACA JUGA:  Luka Sayatan Golok Nyawa Yanti Tak Tertolong, Ini Penjelasan Kabidhumas Polda Banten

Mantan Komandan Kodim 1403 Sawerigading Kodam XIV/Hasanuddin ini jelaskan untuk masyarakat penderita katarak yang mau mengikuti operasi gratis ini masih ada waktu untuk mendaftar di RST Latumeten.

Sementara untuk pelaksanaan operasi katarak akan di lakukan 13 Juli mendatang di RST Latumeten. Operasi katarak dalam program Serbuan Teritorial ini dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Kegiatan lain yang akan digelar yaitu ada kemah bhakti pemuda di Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, kegiatan perpustakaan keliling ke beberapa pulau terpencil dan sulit dijangkau. Ada juga rehab atau bedah rumah warga tidak layak huni.

BACA JUGA:  Silaturahmi Bahabinkamtibmas  Baru Dengan Steak Holder Desa Sindangsari

“Tentunya ini akan dilaksanakan sesuai program bapak Pangdam untuk membantu masyarakat di Maluku dan Maluku Utara. Salah satu tujuan yang ingin dicapai yaitu mempertebal atau meningkatkan rasa nasionalisme cinta tanah air,” tukasnya.

Ia jabarkan, wilayah teritorial Kodam XVI/Pattimura yang berbatasan dengan beberapa negara tetangga baik di bagian utara maupun selatan memiliki tantangan tersendiri. Karena itu perlu digalakkan terus menerus kegiatan pembinaan teritorial untuk menjaga nasionalisme dan patriotisme kebangsaan seluruh masyarakat.

“Kita Kodam XVI/Pattimura akan terus menggalakkan pembinaan teritorial. Seluruh Kodim jajaran juga melaksanakan hal yang sama. Tujuannya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (MAL)

Komentar