oleh

TNI/Polri di Ambon Kembali Bangun Dapur Umum Buat Warga

Kabartoday, AMBON – TNI/Polri di Kota Ambon kembali bersinergi membantu masyarakat meringankan beban dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dua institusi garda utama pengawal NKRI ini mendirikan dapur umum menyediakan menu makan siang kepada warga di Kota Ambon Selasa (14/4/2020).

Kegiatan dapur umum sinergitas TNI/Polri kali ini dipusatkan di depan Markas Komando Rayon Militer (Koramil) 1504-02/Sirimau Kawasan Pantai Losari Kota Ambon. Saat dapur umum ini selesai menyediakan makan siang, dilanjutkan dengan pembagian makanan gratis kepada masyarakat Kota Ambon khususnya para pekerja informal serta warga yang beraktivitas di kawasan Pantai Losari.

Kegiatan pembagian makanan kali ini dihadiri oleh Dirbinmas Polda Maluku Kombes Pol Andy Arvin, Dandim 1504/Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang, Danramil 1504-02/Sirimau Mayor Inf M. Ibrahim Soulisa, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon AKP Arief Budiharso, Waka Polsek KPYS Ambon Ipda Abdul Kadir Kiat serta personil TNI dari Koramil 1504-02/Sirimau, Personil Polri dari Polsek KPYS Ambon serta Personil Polsek Sirimau Ambon.

BACA JUGA:  Menderita Sakit, Dua Bocah Ini Dapat Bantuan Sembako Dari Keluarga Besar Polsek GiriĀ 
Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang,SIK serta Komandan Kodim 1504/Ambon Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi,SH dan Kapolsek KPYS Ambon AKP Arief Budiharso,SIK memantau jalannya pembagian makanan gratis kepada warga Kota Ambon dalam program dapur umum TNI/Polri

Dirbinmas Polda Maluku Kombes Pol Andy Ervin berujar kegiatan dapur umum sinergitas TNI/Polri ini adalah untuk meringankan beban masyarakat di Kota Ambon yang terkena dampak dari penyebaran virus Covid-19.

BACA JUGA:  Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Situbondo Lakukan Sidak

“Kegiatan dapur umum bersama kali ini selain untuk membantu meringankan beban masyarakat menghadapi Pandemi Covid-19 ini, juga untuk makin mempererat sinergitas TNI-Polri di Maluku,” ujar Ervin.

Sasaran pembagian makanan gratis tersebut adalah buruh TKBM, tukang ojek, tukang becak, pedagang kaki lima dan masyarakat Kota Ambon. Ada sekitar 200 paket makan siang yang dibagikan kepada warga.

Pantauan media ini, saat antrian warga untuk mengambil makanan gratis, petugas menghimbau agar tetap menjaga jarak (physical distance) serta menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker.

BACA JUGA:  Warga Lampung Protes Pengusaha Ilegal Sedot Pasir Laut di Area Anak Gunung Krakatau

Terlihat Dirbinmas Polda Maluku, Kapolresta Ambon serta Dandim Ambon ikut membagikan paket makanan gratis ini kepada warga. Para personil TNI/Polri yang hadir juga ikut membagikan makanan.

Antrian warga menunggu pembagian paket makan siang gratis di depan Kantor Koramil 1504-02/Sirimau, Selasa (14/4/2020)

Terhadap kegiatan pembagian makanan ini, salah satu pedagang kaki lima Abdulah (38) mengaku senang karena bisa mendapatkan makan siang gratis dari program dapur umum TNI/Polri.

“Saya pribadi merasa senang dan terbantu dengan kegiatan ini. Uang makan siang saya hari ini bisa saya sisihkan untuk biaya kebutuhan lainnya. Apalagi saat sekarang dengan adanya virus Corona ini, para pedagang menjerit karena menurunnya pendapatan,” katanya dengan wajah gembira.

Ia berharap program seperti ini tidak berhenti di sini saja, melainkan dapat berlangsung terus. Karena saat ini, kondisi ekonomi terutama bagi para pekerja serabutan sepertinya sangat memprihatinkan.

Untuk diketahui, program dapur umum TNI/Polri ini juga telah dilaksanakan Senin (13/4/2020) malam di halaman Mapolsek KPYS Ambon. Saat itu ada 500 paket makan malam yang dibagikan kepada warga. (Imanuel)

Komentar