oleh

Upaya Tingkatkan Ekonomi Warga, Cafe Milik BUMDes Negeri Lama di Ambon Diresmikan

Kabartoday, AMBON – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah lembaga yang ada di wilayah pedesaan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

Keberadaan BUMDes diharapkan dapat menjawab tantangan Desa untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Demikian dikatakan Penjabat Kepala Desa Negeri Lama Kecamatan Baguala Kota Ambon Imelda Tahalele saat meresmikan cafe dan rumah makan milik BUMDes Negeri Lama, Sabtu (10/8) di jalan Laksdya Leo Wattimena, Kawasan Teluk Dalam Kota Ambon.

“BUMDes diharapkan dapat menjawab tantangan Desa untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa,” ujarnya.

Penjabat Kades Negeri Lama Imelda Tahalele saat memberikan sambutan pada peresmian cafe terapung. 

Ia jelaskan untuk BUMDes Singgah Dolo Negeri Lama memilih usaha cafe dan rumah makan terapung sebagai salah satu jenis usaha dalam upaya mencapai tujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

BACA JUGA:  Yahya Tewas Ditangan Sarjaya, Pelaku Diamuk Massa Cisoka

Cafe dan rumah makan yang diberi nama Cafe Hour ini menurut Tahalele adalah salah satu jenis usaha yang tepat dalam konteks interprenurship sekarang ini.

“Karena diprioritaskan pada pengembangan dan peningkatan potensi kearifan lokal sebagai salah satu program inovasi,” terangnya.

Dikatakan, keberadaan cafe terapung ini akan diupayakan juga sebagai salah satu destinasi wisata pantai di wilayah Teluk Dalam Kota Ambon.

Untuk menjadikan cafe ini sebagai destinasi wisata pantai Tahalele ungkapkan dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan pembangunan jembatan mangrove, yang merupakan program inovasi desa Negeri Lama tahun 2019, menyongsong program Pemerintah Kota yaitu Menuju Ambon Kota Wisata 2020.

BACA JUGA:  Aloy Sindir Betawi Depok Jangan Cuma Jadi Penonton

Dengan diresmikannya Cafe Hour ini, Tahalele berharap agar dapat dikelola dengan baik dan diharapkan dapat selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa.

“Saya selaku pribadi maupun Pemerintah Desa Negeri Lama berharap pengurus BUMDes dapat melakukan peran dan fungsi secara baik dan yang paling penting bekerja dengan jujur dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa,” tandasnya.

Penjabat Kades Negeri Lama Imelda Tahalele didampingi Ketua BUMDes Petrus Pakailah menandatangani prasasti peresmian cafe. 

Menyangkut dengan pemberian nama Hour pada cafe ini, ia beberkan hal ini merupakan kilas balik fakta sejarah masa lampau dimana HOUR adalah Negeri Lama atau Passo Lama (Negeri Adat Pertama).

BACA JUGA:  Pamit Pulang ke Jateng, Ditemukan Tewas di Kebun Jeruk

“Pemberian nama ini guna menghidupkan dan melestarikan kembali tata nilai dan pranata hidup anak-anak adat selaku masyarakat adat yang menghuni kawasan negeri adat yaitu Negeri Passo dan Desa Negeri Lama, sehingga membangun persekutuan hari ini, esok dan seterusnya yang aman, rukun dan damai,” pungkas Tahalele.

Mewakili Pemerintah dan masyarakat Desa Negeri Lama, ia menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (P3AMD) Kota Ambon dan Camat Baguala yang selalu memberikan arahan dan bimbingan dalam upaya dan usaha membangun cafe ini.

Dalam acara ini Penjabat Kades Negeri Lama juga menandatangani prasasti peresmian cafe yang didampingi Ketua BUMDes Petrus Pakailah.

Acara peresmian cafe ini dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan sipil maupun TNI/Polri, tokoh agama serta tokoh masyarakat di lingkup Kecamatan Baguala. (MAL)

Komentar