oleh

Webinar Covid-19, Brigjen Ritiauw : Tangani Corona Tugas Bersama Lintas Sektoral

-Daerah-24 views

Kabartoday, AMBON – Untuk percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bukan hanya tugas instansi kesehatan semata namun merupakan tugas bersama semua instansi lintas sektoral.

Hal ini dikatakan Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Aristoteles P Ritiauw. Pernyataan ini ia ungkapkan saat menjadi narasumber dalam web seminar (webinar) yang diselenggarakan Korem 151/Binaiya bersama satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (17/7/2020).

Danrem 151/Binaiya dalam sambutannya mengatakan penanganan pandemi Covid-19 di Maluku bukan hanya tugas Dinas Kesehatan dan satuan Gugus Tugas Covid-19 saja, namun harus disikapi sebagai tugas bersama yang bersifat lintas sektoral.

“Pandemi Covid-19 ini tugas kita bersama untuk memutus penyebaran Covid-19 di Maluku. Dan untuk tugas itu bukan hanya dibebankan kepada tenaga kesehatan saja, namun menjadi tanggung jawab bersama secara lintas sektoral termasuk masyarakat,” ungkap Ritiauw.

BACA JUGA:  Kapolda Maluku Buka Puasa Bersama Brimob di Bundaran HI

Untuk itu alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 ini berharap agar masyarakat di Maluku untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Masyarakat diminta agar selalu menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing) serta selalu mencuci tangan.

“Bila kita semua mengikuti protokol kesehatan dengan baik serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) saya yakin virus corona ini bisa kita atasi bersama,” tandas Ritiauw.

Tujuan Webinar ini kata salah satu putra terbaik asal Teon Nila Serua (TNS) ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Satuan Gugus Tugas PP Covid-19 Provinsi Maluku dalam rangka menegakkan disiplin masyarakat Maluku untuk mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

BACA JUGA:  Sekda Kampar Minta Kawal 475.435 Suara
Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Aristoteles P Ritiauw diapit Sekda Provinsi Maluku sekaligus Ketua Harian Satuan Gugus Tugas PP Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisutta dalam kegiatan Webinar Covid-19, Jumat (17/7/2020) di Kantor Gubernur Maluku

Peserta webinar datang dari unsur Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku serta aparat Kodim jajaran Korem 151/Binaiya. Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi yang juga sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku Kasrul Selang, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisutta.

BACA JUGA:  11 Bulan Usaha Ternak Berjalan, Ketua LKPK Teritorial Jabar Angkat Bicara

Ritiauw yang merupakan Danrem 151/Binaiya pertama berpangkat Brigjen ini ungkapkan sejak bulan Maret 2020 lalu telah bersinergi bersama Pemprov Maluku serta kabupaten kota lainnya untuk kegiatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Sinergitas ini, lanjut Arnold, diwujudkan dengan berbagai kegiatan sosialisasi, edukasi dan penanganan korban Covid-19.

”Kita juga sudah kerahkan seluruh Kodim jajaran selama PSBR di Maluku dan PSBB di Kota Ambon yang masih berlangsung hingga saat ini untuk menangani covid-19,” ujarnya.

Karena itu mantan Danrem 133/Nani Wartabone Gorontalo berharap dengan webinar ini dapat memberi masukan bagi Pemprov Maluku untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan pencegahan covid-19. Ia juga minta masyarakat Maluku mematuhi protokol kesehatan.

“Sehingga hasil dari kegiatan ini akan kita disampaikan ke Gugus Tugas Covid-19 Provinsi, BPBD Provinsi Maluku, Kodam XVI Pattimura dan Mabes TNI untuk langkah penanganan selanjutnya,” pungkas Arnold. (Manuel)

Komentar