oleh

Wisuda PAUD Maranatha Sorsel, Pendidikan Harus Dimulai Sejak Usia Dini

-Daerah-222 views

Kabartoday, Sorong Selatan
Pendidikan harus di mulai sejak usia dini agar dapat menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas sesuai amanat undang-undang dasar 1945.

Pernyataan ini disampaikan Hengky Gogoba, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Selatan usai menghadiri acara wisuda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Maranatha Sabtu (25/5) di Teminabuan, Sorong Selatan.

“Kami di daerah merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Jokowi yang memprioritaskan berbagai program pendidikan,” ungkapnya kepada wartawan.

Untuk itu, lanjutnya bahwa program prioritas pendidikan untuk mencerdaskan bangsa ini harus dimulai dari usia dini.

BACA JUGA:  Polres Ambon Musnahkan 15 Ton Miras Ilegal

Ia menyampaikan di bulan Mei yang sedang berjalan ini hampir seluruh lembaga PAUD di Sorong Selatan melaksanakan penamatan atau wisuda dimana salah satunya adalah TK-PAUD Maranatha Kota Teminabuan.

Gogoba beberkan secara keseluruhan TK-PAUD yang terdaftar di Kabupaten Sorong Selatan sebanyak 188, sedangkan yang memenuhi persyaratan untuk mendapat bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hanya sekitar 40 TK-PAUD saja.

Ia bersyukur karena TK-PAUD Maranatha bisa menggelar wisuda kelulusan peserta didik yang telah menamatkan pendidikan tingkat PAUD.

BACA JUGA:  KMP Terubuk Yang Nyaris Tenggelam di Perairan Kairatu Dievakuasi ke Ambon

“Kita bersyukur hari ini TK PAUD Maranatha Teminabuan bisa melakukan suatu agenda penting yaitu penamatan atau wisuda,” ungkap dia.

Ia berharap terhadap anak-anak yang masih berada pada usia dini kiranya ada pengawasan ekstra dari orang tua. Menurutnya pada tingkat pendidikan usia dini, tanggung jawab pertama dalam mendidik adalah orang tua yang mengambil peran utama membentuk karakter anak tersebut.

Lanjut Kadis, peran serta dan tanggung jawab pendidikan tidak semata-mata hanya ada di tangan pemerintah saja. Pemerintah memang merupakan pihak yang berkompeten untuk menentukan program pendidikan. Tetapi tanggung jawab pelaksanaan program itu selain oleh pemerintah juga ada di tangan orang tua serta masyarakat.

BACA JUGA:  Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55, Rutan Kelas IIB Depok Gelar Donor Darah

Pada kesempatan itu menghimbau dan berharap kepada seluruh lapisan masyarakat dapat melihat pendidikan sebagai sebuah kebutuhan utama.

“Marilah kita melihat pendidikan menjadi sebuah kebutuhan karena bangsa yang cerdas dimulai dari sebuah pendidikan yang cukup,” tandasnya. (HS)

Komentar