oleh

Wujudkan Ketahanan Pangan, Polres Kepulauan Aru Tanam Benih Jagung Serentak

-Daerah-82 views

Kabartoday, DOBO – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona membuat seluruh lini sektor terdampak. Melemahnya perekonomian membuat rentan ketahanan pangan bagi masyarakat Indonesia.

Mengantisipasi resistensi ketahanan pangan masyarakat, Polres Kepulauan Aru melakukan terobosan dalam upaya menjaga ketahanan pangan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan penanaman benih jagung dan pisang.

Kegiatan penanaman benih pangan ini dilaksanakan Kamis (9/7/2020) berlokasi di kebun pangan Mapolres Kepulauan Aru. Kebun seluas 1,3 hektar ini ditanam 2.000 bibit jagung dan 23 bibit pisang.

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto,S.IK bersama para undangan usai kegiatan launching penanaman benih jagung dan pisang di areal kebun pangan Polres Kepulauan Aru, Kamis (9/7/2020).

Launching penanaman bibit pangan ini dihadiri Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto, Ketua Bahayangkari Cabang Kepulauan Aru Ny. Shandra Eko Budiarto, Ketua DPRD Kepulauan Aru Udin Belsigaway, Wakapolres Kepulauan Aru Kompol. Petrus Pasau, Danramil 1503-03/Dobo Kapten Inf Dodi Masawoy, Danki Senapan E Yonif 734/SNS Lettu Inf Eko Benhak, Kabagops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy, Wadanki Brimob 2 Batalyon C Pelopor Ipda Jacobus Talahatu serta para pejabat utama dan personil Polres Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  Pemuda Kristen Ikut Amankan Sholat Idul Fitri di Ambon

Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto dalam arahannya mengatakan penanaman benih jagung dan pisang hari ini adalah untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat yang saat ini masih di dera pandemi Covid-19.

“Kita semua tahu dan mengalami, wabah virus corona ini telah mengakibatkan hampir lumpuhnya berbagai sendi kehidupan masyarakat. Perekonomian menjadi goyah, ketahanan pangan bagi masyarakat mulai rentan. Jika kita tidak mengantisipasinya sejak dini, pasti kita akan kerepotan. Karena itu kita akan berupaya menggerakan masyarakat agar produktif dalam upaya wujudkan ketahanan pangan,” ungkap Budiarto, Kamis (9/7/2020).

BACA JUGA:  Roman Sibuea Posting di Akun IG nya Soal Direktur Utama PT 3D Jadi DPO

Ia katakan, hari ini Polres Kepulauan Aru melaksanakan penanaman benih jagung dan pisang. Lokasi penanaman yang disiapkan seluas 1,3 hektar. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Polres Kepulauan Aru untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang di gagas pemerintah.

Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Aru Ny. Shandra Eko Budiarto sedang menabur benih jagung di lahan kebun pangan Mapolres Kepulauan Aru saat launching kegiatan “Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan” Kamis (9/7/2020.

“Kegiatan penanaman bibit pangan ini merupakan salah satu upaya kita mendukung program ketahanan pangan masyarakat yang telah digagas pemerintah,” tandas mantan Kasubdit IV Ditintelkam Polda Maluku ini.

BACA JUGA:  Pemuda Banyuwangi Ini Ditemukan Tewas Gantung Diri

Budiarto yang merupakan jebolan Akademi Kepolisian Tahun 1999 ini beberkan, akan melibatkan peran serta masyarakat dalam program ketahanan pangan ini. Ia akan mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan tidur untuk digarap menjadi lahan produktif dengan menanam berbagai bibit tanaman pangan yang sesuai dengan kondisi iklim dan cuaca di Kabupaten Kepulauan Aru.

“Jika tingkat ketahanan pangan masyarakat tinggi, tentunya masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi wabah atau bencana apapun karena stok pangan telah tersedia. Dan jika ini tercapai, pasti situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat akan dapat terjaga,” pungkasnya.

Usai menyampaikan arahan, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto bersama para undangan melakukan penanaman benih jagung secara simbolis di areal kebun pangan yang telah disiapkan.

Kegiatan penanaman benih jagung dan pisang sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan  masyarakat ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Polsek jajaran Polres Kepulauan Aru. (Manuel

Komentar